Blog Archive

Thursday, February 13, 2014

Pilihan Museum Asyik di Singapura

sumber: dokumentasi pribadi
Menjadi sah-sah saja, ketika melancong ke Singapura tanpa agenda berbelanja di mall kawasan Orchard Road atau bermain ke taman hiburan Universal Studio di Sentosa Island. 

Tempat lainnya yang menarik untuk dikunjungi di negeri tetangga tersebut adalah museum. Ada beragam museum yang kondisinya sangat jauh berbeda dengan di Indonesia. Terawat, nyaman, modern, mengedukasi, sekaligus menghibur.



Tak dipungkiri museum di Singapura memiliki magnet pada wisatawan yang haus akan sejarah. Terlebih, mengingat museum di Indonesia kurang mendapat perhatian dan bukan suatu destinasi favorit pelancong. 

1. MINT Museum of Toys
Tempat berkumpulnya mainan dari seluruh dunia menjadikannya sebagai lokasi yang wajib dikunjungi. Bawa keluarga Anda melintasi jaman untuk melihat lebih dari 50.000 buah koleksi di sini. 

sumber: google.com
Mulai dari karakter kartun terkenal seperti Mickey Mouse dan Popeye dalam aneka pose dan bentuk, di Moment of Imagination and Nostalgia with Toys (MINT) Museum of Toys ini juga menghibur dengan tokoh-tokoh animasi yang menjadi legenda dari beberapa negara. 

sumber: google.com
Untuk harga tiket masuk, siapkan 15 dolar Singapura atau Anda dapat menikmati paket hemat keluarga untuk dua orang dewasa dan dua anak dengan harga 36 dolar Singapura. 

Cara termudah untuk mencapai museum ini ialah dengan menumpang MRT tujuan City Hall yang berada pada persimpangan jalur hijau dan merah.


2. Images of Singapore
Kelahiran Singapura memang tidak bisa terlepas dari pengaruh empat suku bangsa yang melebur jadi satu. Masyarakat keturunan Melayu yang bermigrasi, India dan China melalui pedagangnya, hingga Inggris yang menjajah benua Asia. 


sumber: dokumentasi pribadi
Diorama-diorama yang lengkap dengan suara untuk menggambarkan sejarah, Images of Singapore menjadi semakin menarik untuk dikunjungi. Anda juga akan diajak mengenal keempat suku bangsa tersebut dari gaya hidup hingga upacara kebudayaannya. 

Dengan merogoh kocek sedalam 10 dolar Singapura (belum termasuk biaya masuk Sentosa Island), perjalanan terciptanya negara singa ini dapat Anda terlusuri dalam Images of Singapore.

3. National Museum of Singapore
Hampir serupa dengan Images of Singapore, gambaran lebih nyata mengenai sejarah negara yang resmi berdiri sendiri pada 9 Agustus 1965 tersebut akan Anda dapatkan di sini.

Beberapa benda yang dipameran mungkin banyak ditemui di Indonesia, namun tidak perlu kecewa karena sejarah masyarakat Singapura yang majemuk justru memperkaya koleksi museum ini. Seperti gaya berpakaian warganya yang dipamerkan di lantai 2 bangunan bernuansa Neo Palladian dan Renaisans ini.
sumber: google.com
sumber: google.com
Terletak di pusat kota Singapura, National Museum of Singapore dapat dijangkau dengan berjalan kaki dari stasiun MRT Basah atau Dhoby Ghaut. Museum ini terbuka untuk umum dari pukul 10.00 hingga 20.00 setiap harinya, jadi persiapkan 10 dolar Singapura dalam budget kunjungan Anda untuk mengunjunginya.

4. Asian Civilasations Museum
Ingin belajar seluruh budaya masyarakat negara-negara di benua Asia, namun tidak memiliki banyak waktu tersedia? Museum ini adalah tempat yang tepat! Terbagi menjadi tiga lantai dalam sebelas galeri, museum ini membantu pengunjungnya menambah wawasan dengan audio visual serta pemandu virtual yang pastinya menyenangkan.
sumber: google.com
Di sini Anda dapat melihat langsung bagaimana Singapura mengoleksi bukti-bukti sejarah agama Islam dengan Al-Quran dan beragam benda yang terkait dengan budaya Muslim di sebelah Barat Benua Asia. Atau ingin melihat deretan guci, keramik, dan porselen dari China?
koleksi kaligrafi
sumber: google.com
Museum yang bangunannya dahulu digunakan sebagai gedung pemerintahan ini, dapat dikunjungi setiap hari dengan harga tiket masuk sebesar 8 dolar Singapura. Jika menikmati waktu berlibur bersama keluarga, nikmati harga khusus yakni 24 dolar Singapura untuk lima orang.

Oh iya, lokasi Asian Civilasations Museum yang berdekatan dengan Singapore River ini juga menarik untuk didatangi pada malam hari dengan kunjungan malam museum pada pukul 19.00 hingga 21.00 waktu setempat.


No comments:

Post a Comment